Minggu, 30 Maret 2014




Setiap orang memiliki tingkatan percaya diri yang berbeda-beda yang biasa disebut kepercayaan diri alami. Kepercayaan diri alami sendiri dipengruhi oleh beberapa aspek yaitu

A. Tudingan dan kritik
Tudingan dari beberapa orang yang mengarah ke kita seringkali membuat kita merasa selalu salah dan takut untuk berbuat sesuatu. Tudingan maupun kritik umumnya dilakukan oleh orang terdekat anda seperti keluarga, teman hingg pasangan anda.

B. Konformitas
Aspek ini mungkin cukup sering anda alami. Hal ini sering terjadi apabila anda bersifat sensitif. Contohnya adalah jika kalian berada di lingkungan sebagai seorang anak yang cerdas, lalu teman anda mengkritik anda bahwa anda selalu perfect dan tidak mau salah. Sifat sensitif anda nantinya akan membuat anda berubah menjadi seseorang yang tidak selalu benar hanya untuk tidak mendapat kritik lagi dari teman anda. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan membuat anda takut untuk melakukan sesuatu meskipun anda tahu bisa melakukannya.

C. Pengucilan
Pengucilan sendiri dapat dikatakan bisa membunuh sifat percaya diri anda. Perilaku pengucilan dapat membuat anda merasa orang paling payah dan tidak bisa diterima oleh orang lain.

D. Kompetisi
Sedari kecil kita sudah mengenal arti kompetisi. Sebenarnya bagus jila kita memiliki jiwa persaingan yang tinggi. Namun dikhawatirkan jika kita selalu mengalami kegagalan maka akan timbul mainset bahwa kita selalu gagal dalm berkompetisi sehingga kita tidak percaya diri lagi.

E. Kesempurnaan
Sempurna sebenarnya bagus tetapi kesempurnaa yang dipaksakan akan menimbulkan efek negatif dalam diri kita. Contohnya orang tua yang seringkali memiliki standar tinggi bagi kita. Ekspektasi tersebut nantinya akan menjadi bumerang bagi kita karena pikiran kita selalu berpikir harus sempurna sehingga kita tidakercaya diri apabila tidak sempurna

0 komentar:

Posting Komentar