Senin, 31 Maret 2014




Seringkali orang merasa sulit untuk mengatakan "tidak" ketika orang lain membutuhkan pertolongan kita dikarenakan mungkin situasi yang "tidak" memungkinkan kita untuk menolongnya. Pada dasarnya "tidak" sebenarnya bisa memliki keuntungan bagi kita. Itu karena tidak sebenarnya mengharuskan kita untuk menentukan pilihan tentang apa yang harus kita perbuat.  Jadi pada hakikatnya "tidak" janganlah diartikan sebagai kesalahan namun bisa dikatakan sebagai hal alamiah yang mungkin terjadi pada sebuah pilihan. So, jangan takut katakan "tidak" jika anda memang tidak ingin melakukannya.

Mengapa sulit mengatakan "tidak"?
Mengatakan tidak memang sulit, setidaknya itulah yang biasanya membuat kita untuk merasa tidak yakin pada diri kita sendiri. Ada beberapa alasan seseorang takut mengatakan tidak, diantaranya
A. Dianggap dingin dan kaku
Orang yang mengatakan tidak biasanya identik dengan sikap dingin dan kaku karena fungsi kata tidak adalah untuk menetralisir hal hal yang tidak anda inginkan. Hal inilah yang lama kelamaan menimbulkan sifat tidak enak pada diri kita.

B. Berperan sebagai korban
Korban identik dengan perilaku penindasan dan tindakan semena mena. Jika kalian pernah mengalaminya pasti kalian akan sulit mengatakan tidak karena psikologis anda cenderung takut dan tertindas.

C. Sensitif terhadap kebutuhan orang lain
Perdebatan antara kewajiban menolong teman ataupun menolong diri anda sendiri akan berakibat pada sikap sulit mengatakan tidak karena jiwa anda dalam kebingungan.

D. Ingin diikutsertakan

0 komentar:

Posting Komentar